Teknik Elektronika Industri    

Teknik Elektronika Industri

Teori dan Praktik Pneumatic dengan kontrol PLC

Teknik Kendaraan Ringan    

Teknik Kendaraan Ringan

Praktik Troubleshooting Mesin Diesel Common Rail, Spooring dan Balancing dengan Carlift dan peralatan up-to-date.

Teknik Pemesinan    

Teknik Pemesinan

Praktik gambar teknik mengunakan software SOLIDWORKS dan MASTERCAM

Teknik Komputer dan Jaringan    

Teknik Komputer dan Jaringan

Praktik Networking menggunakan Mikrotik Routerboard dan Sertifikasi MTCNA di Mikrotik Academy SMK Kristen Petra.

Gedung SMK Kristen Petra    

Gedung SMK Kristen Petra

Proses belajar mengajar dilaksanakan di gedung ini, dengan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap dan up-to-date.

Gedung SMK Kristen Petra    

Gedung SMK Kristen Petra

Proses belajar mengajar dilaksanakan di gedung ini, dengan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap dan up-to-date.

Peduli Lingkungan    

Peduli Lingkungan

Pembuatan mesin Perolisis untuk mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak

Mens Sana In Corpore Sano    

Mens Sana In Corpore Sano

Menjaga tubuh yang sehat dan kuat dengan rajin berolahraga

No Plastic Commitment    

No Plastic Commitment

Say No to Plastic ... Save Earth

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Penilaian Akhir Tahun Online

Halo sahabat GEMA …

IMG-20200520-WA0023

Apa kabar kalian? Semoga selalu sehat ya.. karena di masa pandemi ini kita harus senantiasa menjaga kondisi tubuh kita untuk selalu fit. Bagaimana belajar di rumahnya? Pastinya selalu lancar ya. Di tengah masa sulit ini kita tidak boleh menyerah untuk belajar. Kita manfaatkan semua fasilitas, media, dan motivasi untuk selalu berprestasi. Apa lagi minggu-minggu ini adalah pekan untuk kita menghadapi Penilaian Aakhir Tahun (PAT). Tak terkecuali untuk siswa-siswi SMK Kristen Petra.

IMG-20200520-WA0021 

SMK Kristen Petra melaksanakan PAT dengan sistem Daring/online, yaitu pada tanggal 11-18 Mei 2020. Hal ini dilakukan sebagai komitmen warga SMK Kristen Petra untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Siswa-siswi yang berada di rumah mengerjakan soal-soal PAT dengan menggunakan aplikasi Google Form. Dengan begitu siswa lebih mudah mengerjakan dan mengumpulkan ujian PAT walaupun dari jarak jauh. Siswa yang mengikuti PAT online adalah siswa kelas X dan XI sebagai syarat untuk kenaikan kelas. Kegiatan ini dimulai pukul 8 pagi hingga berakhirnya pukul 12 siang dengan melibatkan wali kelas dan mentor untuk memantau semua siswa mengikuti PAT dengan semangat dan antusias, apalagi ini baru kali pertama metode ini digunakan. Memang disetiap keterbatasan pasti ada makna untuk kita berhikmat. Begitupun di masa serba sulit ini. Atas berkat Tuhan kita dimampukan untuk melaksanakan PAT dengan baik dan lancar meskipun harus dilakukan melalui daring. Semoga dengan terlaksananya PAT online di SMK Kristen Petra menjadi awal yang baik untuk nantinya melakukan kegiatan PBM lebih modern, interaktif dan kreatif dengan memanfaatkan internet.

#stay@home
#learnfromhome
#belajaronline

 

Virtual Graduation Petra Christian Vocational High School

Wisuda identik dengan acara seremonial yang melibatkan banyak orang di dalamnya, berkumpul dan mengikuti serangkaian acara dengan khidmat. Namun di masa pandemi Covid-19 ini kita dilarang untuk berkumpul apalagi mengelar kegiatan dengan melibatkan banyak orang dalam satu ruangan. SMK Kristen Petra selalu berkomitmen untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan yang dicanangkan pemerintah. Atas dasar itu SMK Kristen Petra menyelenggarakan wisuda siswa-siswi SMK Kristen Petra lulusan tahun 2020 secara online. Acara ini tayangkan di kanal youtube SMK Kristen Petra pada tanggal 5 Juni 2020 dengan tema “Melangkah Bersama Menuju Perubahan”.

Acara dibuka oleh pembawa acara yaitu bapak Indrajid dan Ibu Juniarti dengan ucapan syukur atas terselenggaranya acara tersebut. Selanjutnya menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Petra dengan panduan tayangan video.  Doa Pembuka oleh bapak Prasadja Adi sekaligus pembacaan ayat Alkitab yang menjadi landasan firman Tuhan dalam acara tersebut yaitu diambil dari Roma 12:2. Selanjutnya sambutan dari Kepala Sekolah dari Ibu Rinto menjadi motivasi dan kebanggaan bagi siswa-siswi wisudawan. Beliau menyampaikan ucapan selamat bagi siswa-siswi wisudawan, motivasi dan tidak lupa ucapan terima kasih beliau sampaikan kepada Dewan Pengurus PPPK Petra, orang tua murid dan guru. Sesi selanjutnya adalah laporan kelulusan dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yaitu bapak Heru Sunar, dimana sebanyak 152 siswa  kelas XII SMK Kristen Petra dinyatakan lulus 100% dan diakhiri pesan “Terus berjuang tetap semangat!”.

Selanjutnya adalah prosesi wisuda SMK Kristen Petra angkatan ke 49. Secara berurutan diawali dari jurusan Teknik Elektronika Industri diwakili wisudawati Anita Octaviani, Teknik Pemesinan diwakili wisudawan Axlindo Fajar, Teknik Kendaraan Ringan diwakili wisudawan Eric Kurniawan Sanjaya, dan terakhir adalah Teknik Komputer dan Jaringan yang diwakili oleh wisudawati Melani Wijaya. Disambung dengan pemberian penghargaan bagi siswa berprestasi non akademik yaitu diraih oleh wisudawan Zahwa Kautsar Mustoffa Adila. Selanjutnya adalah sambutan dari Melani Wijaya sebagai perwakilan murid dan ibu Titiek Soerjani sebagai perwakilan orang tua murid.

Tak kalah penting adalah sambutan dari bapak Tjutjuk Supariono Anggota komisi D DPRD Kota Surabaya alumnus SMK Kristen Petra tahun 1999 beliau berpesan kepada alumni tahun 2020 untuk senantiasa berusaha di jalan Tuhan, SMK bisa!. Penutup dari serangkaian acara tersebut adalah pembacaan janji alumni dan diakhiri doa penutup oleh bapak Agustinus Ratuanik.

Wisuda SMK Kristen Petra secara online tidak mengurangi esensi dan khidmatnya, semoga siswa dan siswi yang mengikuti mensyukuri terselenggarannya acara ini dengan penuh perenungan akan besarnya berkat Tuhan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Stay Safe, Stay Healthy and Wish u The Best Future!

 

Drive Thru Berkas Kelulusan

Ada hal menarik lagi di SMK Kristen Petra Surabaya. Tepatnya pada tanggal 18-20 Mei 2020 siswa kelas XII SMK Kristen Petra melakukan kegiatan penerimaan berkas kelulusan dengan sistem Drive Thru. Hal ini dilakukan sebagai komitmen warga SMK Kristen Petra memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kegitan ini dilakukan dengan mematuhi prosedur kesehatan di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini.

3.1.jpgIMG_0406.jpgIMG_0056.jpgIMG_0391.jpgIMG_0679.jpgdi_pasang.jpg2.jpgIMG_0235.jpg

Siswa berkendaraan memasuki pintu gerbang utara sekolah dengan izin memberitahukan kepentingan kepada satpam terlebih dahulu. Selanjutnya kendaraan harus berhenti untuk dilakukan penyemprotan desinfektan. Harus dipastikan menggunakan masker dan suhu tubuh dibawah 37°C. Setelah itu menuju ke depan ruang tunggu sekolah, dimana wali kelas dan mentor dengan menggunakan APD lengkap telah menunggu untuk menyerahkan berkas kelulusan antara lain Rapor, Surat Keterangan Lulus (SKL), Kartu Kesehatan Siswa, Medali/Gordon dan bingkisan Paskah. Setelah selesai, kendaraan siswa keluar melalui pintu gerbang sisi selatan. Tentunya komitmen memutus mata rantai penyebaran Covid-19 selalu dilakukan dalam setiap kegitan di SMK Kristen Petra.

Khusus untuk siswa yang berprestasi dalam bidang Akademik dan Non Akademik, siswa juga mendapat Piala dan Piagam Penghargaan. Siswa berprestasi Program Keahlian TEI diraih oleh Anita Octaviani, Program Keahlian TPM diraih oleh Axlindo Fajar Adhytama, Program Keahlian TKR diraih oleh Eric Kurniawan Sanjaya, Program Keahlian TKJ diraih oleh Melani Wijaya (XII TKJ-1), dan Juara Umum Sekolah diraih oleh Melani Wijaya (XII TKJ-1),  sedangkan siswa berprestasi di bidang non Akademik diraih oleh Zahwa Kautsar Mushoffa Adila (XII TKR)

Diharapkan dari semua kegiatan tersebut, kita sebagai warga SMK Kristen Petra ikut berkontribusi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehingga Indonesia dan dunia akan segera membaik dan terbebas dari pandemic Covid-19. Dengan kasih Tuhan Yesus tidak ada yang mustahil bagi-Nya.

Stay Safe, Stay Healthy  and Stay at Home. Tuhan Yesus memberkati kita.

 

PASKAH  #DIRUMAHAJA

Kegiatan perayaan Paskah tahun 2020 kali ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan adanya pandemi Virus Covid-19 atau Virus Corona, memaksa kita untuk "Stay at Home". Kegiatan belajar, bekerja, bahkan ibadah pun dilakukan di rumah demi menghambat menyebaran Virus Corona ini.

Bahkan lomba dalam rangka memperingati dan merayakan Paskah juga dilakukan dari rumah. Para siswa mendapat tuga untuk membuat karya kreativitas terbaik sesuai bakat masing-masing.

Paskah 2020-14.jpgPaskah 2020-10.jpgPaskah 2020-13.jpgPaskah 2020-09.jpgPaskah 2020-08.jpgPaskah 2020-07.jpgPaskah 2020-12.jpgPaskah 2020-06.jpgPaskah 2020-11.jpg
 

Setelah tim juri melaksanakan penilaian hasil karya kreativitas siswa, saatnya pengumuman pemenangnya. Selamat atas kreativitas Paskah terpilih, terbaik dan berkat Paskah.
Para siswa dapat 
menghubungi wali kelas masing-masing untuk berkoordinasi dalam pengambilan hadiah dan berkat Paskah.
Tuhan Yesus memberkati.

Paskah 2020-01.jpgPaskah 2020-15.jpgPaskah 2020-04.jpgPaskah 2020-16.jpgPaskah 2020-02.jpgPaskah 2020-05.jpg
 

LEARN FROM HOME

Halo, sahabat TraVoHS, gimana kabarnya? Selalu sehat di rumah, ya...!
Oh, iya... harus tetap di rumah, ya... jangan bepergian ke mana-mana dahulu, apalagi untuk hal yang kurang penting.

Di tengah wabah COVID-19 ini, kita harus menaati peraturan pemerintah untuk turut berkontribusi dalam memutus mata rantai penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 ini. Gimana caranya?

Ya tetap di rumah saja, itu sudah sangat membantu. Setiap hari kita mendengar kabar semakin bertambahnya jumlah orang yang terpapar virus ini, itu salah satunya karena tidak semua orang mau menaati anjuran pemerintah untuk tetap di rumah. Lalu bagaimana dengan orang tua kita yang bekerja? Dan bagaimana kita yang sekolah?

Work From Home (WFH) dan Learn From Home (LFH).

Bapak dan ibu guru yang setiap hari mengajar di sekolah, pada masa pandemic COVID-19 ini harus mengajar dari rumah untuk kalian yang LFH atau belajar dari rumah.

Belajar via daring menjadi solusinya. Kecanggihan teknologi masa sekarang, banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk berinteraksi dengan murid dari jarak jauh.

Kita mengenal Zoom, Google Classroom, Schoology, Kahoot, dan masih banyak lagi. Kangen dengan suasana sekolah sudah pasti dirasakan oleh murid dan guru. Tetapi pada masa sekarang ini, memanfaatkan media ini menjadi pilihan yang tepat bagi kita untuk membantu memutus mata rantai penyebaran virus.

IMG-20200415-WA0005          IMG-20200415-WA0011

Dampak baiknya dari kegiatan WFH dan LFH adalah kita lebih banyak belajar tentang media-media yang bisa kita gunakan untuk belajar dari jarak jauh. SMK Kristen Petra menerapkan WFH dan LFH sejak tanggal 19 Maret 2020, sebagai kontribusi untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Tidak hanya belajar, siswa juga membuat Proyek KGB dan Proyek Kreasi Paskah, yang semuanya dilakukan via daring dalam bentuk puisi (bahasa Indonesia atau bahasa Inggris), video kehidupan siswa, cerita nyata kehidupan sekitar rumah siswa, karya gambar atau lukisan, tulisan ilmiah tentang COVID-19 beserta maknanya, karya sastra, aransemen lagu (dinyanyikan dan divideokan), dan lain-lain.

Siswa-01          Siswa-02

Luar biasa, ya…? Karena belajar tidak mengenal tempat, waktu, dan jarak. Belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Harapan dari peristiwa ini, kita semakin menghargai waktu pertemuan dengan bapak dan ibu guru di sekolah, semakin banyak belajar teknologi baru untuk menunjang kegiatan belajar, dan tidak kalah pentingnya... kita semakin menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar kita. Semangat belajar dari rumah! Semangat bekerja dari rumah!

Stay at home! Stay healty! Jangan lupa cuci tangan!

boost the values reap the success