Natal 2019    

Natal 2019

Kegiatan Natal di GKI Jemur Sari Tahun 2019

Mens Sana In Corpore Sano    

Mens Sana In Corpore Sano

Menjaga tubuh yang sehat dan kuat dengan rajin berolahraga

Peduli Lingkungan    

Peduli Lingkungan

Pembuatan mesin Perolisis untuk mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak

Gedung SMK Kristen Petra    

Gedung SMK Kristen Petra

Proses belajar mengajar dilaksanakan di gedung ini, dengan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap dan up-to-date.

Gedung SMK Kristen Petra    

Gedung SMK Kristen Petra

Proses belajar mengajar dilaksanakan di gedung ini, dengan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap dan up-to-date.

Teknik Komputer dan Jaringan    

Teknik Komputer dan Jaringan

Praktik Networking menggunakan Mikrotik Routerboard dan Sertifikasi MTCNA di Mikrotik Academy SMK Kristen Petra.

Teknik Pemesinan    

Teknik Pemesinan

Praktik gambar teknik mengunakan software SOLIDWORKS dan MASTERCAM

Teknik Kendaraan Ringan    

Teknik Kendaraan Ringan

Praktik Troubleshooting Mesin Diesel Common Rail, Spooring dan Balancing dengan Carlift dan peralatan up-to-date.

Teknik Elektronika Industri    

Teknik Elektronika Industri

Teori dan Praktik Pneumatic dengan kontrol PLC

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Retret "Wonderful Me"

Wonderful Me merupakan tema Retret Siswa SMK Kristen Petra yang dilaksanakan pada tanggal 4 - 6 November 2019 di Vila Griya Kusuma Indah Pacet dengan pembicara Pendeta Yoses Reso dari GKI Sidoarjo.

Melalui kegiatan retret ini kami mendapatkan wawasan tentang wujud manusia baru dalam kehidupan nyata masa kini yang berhadapan berbagai tantangan budaya modern,  sehingga kami memiliki gambaran manusia baru sesuai dengan konteks generasi milenial saat ini serta pemahaman pentingnya menjadi manusia baru dalam kehidupan masa kini.

Pada sesi game, kami mengikuti 5 macam permainan, antara lain permainan Tebak angka, dalam permainan ini setiap kami dilatih dapat saling bekerja sama, menentukan apakah ego yang diutamakan atau berbagi pada kelompok lain dan kemampuan untuk mengarahkan orang lain. Permainan kedua adalah Bambu Gila, dalam permainan ini kami dilatih untuk dapat berkonsentrasi dan kompak dalam stamina serta strategi yang tepat, sabar, tidak sok tahu, tidak egois, mau diperintah, percaya diri dan percaya kepada pemimpin. Permainan ketiga adalah Estafet Air Beracun, dalam permainan ini kami dilatih untuk dapat membangun kerja sama, melatih kesabaran dan memahami kemampuan/ketrampilan seseorang yang berbeda dengan kita. Permainan keempat adalah Tampah Kebersamaan, dalam permainan ini kami dilatih untuk dapat berinteraksi, belajar fokus, melatih keseimbangan, menerima kelemahan dan kelebihan orang lain, menerima kelemahan dan kelebihan orang lain. Permainan kelima adalah Pimpong Aj.aib, dalam permainan ini kami dilatih untuk dapat melatih kesabaran dalam melakukan sesuatu, dapat menerima kelemahan dan kelebihan orang lain, rendah hati dan mau dipimpin

Pada sesi Refleksi dan komitmen, Pendeta Yoses menuntun kami untuk menemukan sekaligus meneguhkan kembali bahwa kami merupakan pribadi yang “wonderful. Setelah itu kami diajak membuat komitmen untuk hidup sebagai pribadi yang “wonderful.

Dalam retret kali ini SMK Kristen Petra mendapat perhatian khusus dari Dewan Pengurus PPPK Petra melalui Ibu Deby Sidarta yang hadir berkunjung di Vila Griya Kusuma Indah. Beliau menyampaikan bangga atas perkembangan SMK saat ini dan meminta supaya para siswa dan Bapak-Ibu Guru terus berdoa dan berjuang untuk kemajuan SMK Kristen Petra, karena Dewan Pengurus PPPK Petra terus berusaha untuk memperhatikan dan memajukan SMK Kristen Petra. Beliau juga berpesan untuk Menjadikan Penghuni Kompleks Jemur Andayani merasa rindu dengan kehadiran siswa-siswa SMK Kristen Petra dengan terus melakukan budaya 5S, yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun.

Tuhan Yesus Memberkati.

 

Terima kasih Guruku

Hari ini ada sesuatu yang berbeda di sekolah kami. Di awal sebelum kami melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Semester, Kepala Sekolah memberikan pengumuman melalui sentral bahwa hari ini adalah hari yang istimewa bagi Bapak/Ibu Guru. Hari ini kita merayakan Hari Guru Nasional.

Sebagian dari kami diberikan pengarahan oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan untuk memberikan souvenir hari Guru yang telah disiapkan oleh PPPPK Petra kepada setiap guru yang namanya tertera pada souvenir.

Seluruh Bapak/Ibu guru telah siap berbaris sepanjang ruang perpustakaan sampai dengan ruang tata usaha. Sambil diiringi lagu Jangan Lelah dan Hymne Guru, kami mulai melangkah dan memberikan ucapan selamat hari guru sekaligus memberikan souvenir kepada guru kami sebagai ucapan terima kasih kami yang tak terhingga atas jasa Bapak/Ibu guru yang telah membimbing kami.

Doa agar Bapak/Ibu guru senantiasa dilimpahkan kesehatan dan berkat oleh Tuhan, sehingga dapat tetap terus mendidik dan mengajar kami dengan penuh kasih sayang.

Selamat Hari Guru .... Tuhan Yesus Memberkati.

 

 

Art, Science & Charity Event 2020

ASCE 2020 kembali, diadakan SMK Kristen Petra Surabaya pada tanggal 31 Januari 2020. Acara tahunan kali ini benar-benar meriah dan sangat ditunggu kehadirannya. Animo itu terlihat sejak pagi di halaman SMK Kristen Petra, kurang lebih 500 siswa dari berbagai sekolah menengah pertama berjubel antusias. Tahun ini banyak acara yang digelar di ASCE, diantaranya adalah Lomba Mobile Legends yang sangat digandrungi, selain itu ada lomba Popsicle Craft yang tidak kalah menarik. Diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Petra, Bapak Sutris membuka ASCE 2020 dengan membunyikan bel pertanda hari itu kemeriahan dimulai.

Mulai dari pameran tugas akhir siswa dari 4 jurusan, yaitu TEI, TPM, TKR, dan TKJ. Adik-adik dari berbagai SMP sangat tertarik dengan alat-alat yang dipamerkan. Seperti mesin Pyrolisis yang dapat merubah sampah plastik menjadi bahan bakar Solar dan bensin premium, mesin 3D printing, Running Text Mono Color dan RGB, Pembangkit Listrik Tenaga Surya, gokart, dan ada juga angklung otomatis yang dapat dimainkan layaknya keybord. Semuanya itu dapat ditemuakan di ASCE 2020 SMK Kristen Petra kali ini. Siswa SMP bebas menanyakan ketertarikannya dengan alat itu, yang pastinya akan dijelaskan dengan ramah oleh kakak-kakak dan guru di SMK Kristen Petra.

Selain itu ada Mobile Legends Tournamen dan lomba Popsicle Craft, ada juga lomba lain yang tidak kalah meriah, yaitu lomba Cosplay antar kelas. Berbagai karakter unik, lucu dan hebat dibuat oleh siswa SMK Kristen Petra. Seperti karakter superhero, anime bahkan ada juga karakter dari Indonesia yaitu Gatotkaca. Semakin unik karena Cosplay ini dibuat dari bahan daur ulang plastic dan kardus bekas. Berbekal kreativitas, disulaplah menjadi tampilan yang sangat menarik. Pengunjung dan adik-adik SMP dapat melihat karakter-karakter unik tersebut sambil mengikuti acara Bazzar. Ya, banyak sekali makanan dan minuman yang disajikan. Pasti enak, kenyang dan tentunya harga yang sangat terjangkau. Tapi Bazzar bukan hanya jualan, karena sebagian keuntungan dari bazzar akan digunakan untuk kegiatan charity.

Keseruan tidak hanya itu, karena di panggung yang megah ada tampilan-tampilan menarik dari siswa SMK Kristen Petra, seperti band, story-telling, dance, solo guitar, paduan suara dan masih banyak lainnya. Keseruan hari itu ditutup dengan ketegangan pada saat diumumkan pemenang-pemenang dari setiap lomba. Untuk lomba Cosplay dimenangkan oleh kelas X TKJ 2 sebagai juara pertama dengan kostum cosplay Spartan, XII TEI sebagai juara kedua dengan kostum cosplay Ninja, dan XII TKJ 2 sebagai juara ketiga dengan kostum cosplay Hermes. Selanjutnya adalah lomba Popsicle Craft juara 1 adalah Tim 2 dari SMP Petra 3 yang diwakili oleh Tomas Sidarta Setio, Nicholas Steven Chandra, dan Leonard Nicholas Susanto. Juara 2 adalah Tim 1 SMP Petra 3 yang diwakili Thomas Jefferson W, Cedric Gratia Tjia, dan Xavier Yonatan. Dan Juara 3 adalah Tim 4 SMP Petra 3 yang diwakili Felicia Putri Gondokusumo, Darrell Zachary, dan Hebert Karsten Juwono.

Dipenghujung ASCE SMK Kristen Petra 2020 kali ini, diumumkan juga pemenang dari lomba Mobile Legend. Juara 3 dimenangkan oleh Tim Nightmare dari SMP Petra 4 yang diwakili oleh Nathanael Vallent, Andrew Matthew, Efraim Melvyn, Bingky Kurniawan dan Mikhael Dave Bagus. Untuk Juara 2 dimenangkan oleh Tim 5 dari SMP Petra 1 yang diwakili oleh Elbert Christensen, Kenneth Yonathan, Albert Kurniawan, Calvin Bradlee, dan Goodwill Bryan. Dan sang jawara lomba Mobile Legend di ASCE 2020 kali ini adalah Tim 1 dan SMP Petra 3 yang diwakili oleh Jonathan William, Dozie Bryan, Christian Cahyadi, Maxvliando Sutanto, dan Richie Daryl.

Selamat untuk para pemenang di ASCE SMK Kristen Petra 2020, kalian sangat luar biasa!

Sampai bertemu lagi di ASCE SMK Kristen Petra 2021.

 

Kolaborasi Peringatan Hari Pahlawan

Setiap tahun pada tanggal 10 November kita selalu memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang kembali semangat persatuan arek-arek Suroboyo mengusir penjajah yang berniat menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

IMG_0435.jpgIMG_0430.jpgIMG_0443.jpgIMG_0452.jpgIMG_0439.jpgIMG_0506.jpg

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 yang mengambil tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, diharapkan setiap insan masyarakat Indonesia terutama para pelajar memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk berjuang membangun negeri sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Ada yang berbeda pada saat pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati hari Pahlawan 2019 kali ini. SMK Kristen Petra berkolaborasi bersama SMA Kristen Petra 5 dalam melaksanakan upacara bendera.

Upacara bersama ini memberikan pengalaman berbeda bagi SMA Kristen Petra 5 yang biasanya melakukan upacara di lapangan indoor, kali ini mereka harus merasakan hangatnya sinar matahari saat mengikuti upacara di lapangan upacara SMK Kristen Petra. Upacara kali ini sangat mengasyikkan ... di lain waktu kami mau melaksanakan upacara bendera bersama, ucap para petugas upacara gabungan SMA Kristen Petra 5 dan SMK Kristen Petra.

 

Bersatu Kita Maju

20191028 080137

Sumpah pemuda merupakan tonggak utama dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Hari ini 28 Oktober 2019 kami seluruh warga SMK Kristen Petra memperingati hari Sumpah Pemuda dengan melaksanakan Upacara Bendera sekaligus Pelantikan Pengurus OSIS baru masa bakti 2019/2020. Upacara hari ini sebagai refleksi dalam menanamkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan jiwa nasionalisme dalam diri kami untuk menjaga kesatuan dan persatuan di NKRI kita tercinta. Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia karena berbagai pemuda dari seluruh Indonesia mengikrarkan sumpah dan mengakui “Berbangsa Satu Bangsa Indonesia, Berbahasa Satu Bahasa Indonesia dan Bertanah Air Satu Tanah Air Indonesia”.

20191028_080137.jpgIMG_9296.jpgIMG_9360.jpgIMG_9326.jpgIMG_9329.jpgIMG_9290.jpg

Jiwa dan semangat persatuan itu hendaknya menjadi obor penyemangat bagi siswa SMK Kristen Petra sehingga kelak menjadi pemuda yang tangguh, yang memiliki karakter, dan memiliki hati yang mengabdi kepada bangsa  dan negara dan ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia. Teman-teman, sudahkah jiwa nasionalisme tumbuh dari diri kalian?

 

boost the values reap the success