Mens Sana In Corpore Sano    

Mens Sana In Corpore Sano

Menjaga tubuh yang sehat dan kuat dengan rajin berolahraga

Peduli Lingkungan    

Peduli Lingkungan

Pembuatan mesin Perolisis untuk mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak

Gedung SMK Kristen Petra    

Gedung SMK Kristen Petra

Proses belajar mengajar dilaksanakan di gedung ini, dengan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap dan up-to-date.

Gedung SMK Kristen Petra    

Gedung SMK Kristen Petra

Proses belajar mengajar dilaksanakan di gedung ini, dengan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap dan up-to-date.

Teknik Komputer dan Jaringan    

Teknik Komputer dan Jaringan

Praktik Networking menggunakan Mikrotik Routerboard dan Sertifikasi MTCNA di Mikrotik Academy SMK Kristen Petra.

Teknik Pemesinan    

Teknik Pemesinan

Praktik gambar teknik mengunakan software SOLIDWORKS dan MASTERCAM

Teknik Kendaraan Ringan    

Teknik Kendaraan Ringan

Praktik Troubleshooting Mesin Diesel Common Rail, Spooring dan Balancing dengan Carlift dan peralatan up-to-date.

Teknik Elektronika Industri    

Teknik Elektronika Industri

Teori dan Praktik Pneumatic dengan kontrol PLC

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

UBAH SAMPAH PLASTIK JADI BAHAN BAKAR MINYAK

Berawal dari kepedulian para alumni teknik mesin tahun 1997 terhadap kerusakan lingkungan di dunia yang diakibatkan oleh sampah plastik, Dimas Bagus Wijanarjo bersama rekan-rekannya mendirikan sebuah organisasi non profit dengan nama Get Plastic yang mengembangkan sebuat alat yang diberi nama dengan Mesin Perolisis.

IMG 0893

Kali ini SMK Kristen Petra, khususnya guru, teknisi dan siswa kelas XII program keahlian Teknik Pemesinan mendapatkan kesempatan bekerjasama dengan tim Get Plastic untuk membuat mesin Perolisis ini dengan kapasitas 5 kilogram. Mesin ini akan bekerja dengan cara memanaskan sampah plastik dengan suhu antara 250 sampai 400 derajat celsius dan dibarengi dengan proses pendinginan dari uap hasil pemanasan ini dapat mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak berupa Solar maupun bensin Premium.

IMG 0890

Proses pengerjaan pembuatan mesin Perolisis ini adalah hal yang baru buat kami, tetapi hal itu tidak menbuat kami putus asa. Bahkan memacu kami untuk belajar dan mengenal proses pembuatan mesin ini yang akan dibuat dengan menggunakan bahan plat stainless.

20190901 110538

Para siswa dibagi menjadi beberapa tim untuk mengerjakannya. Ada yang bekerja dengan mesin bubut, bekerja dengan mesin milling, bekerja dengan mesin gerinda, menekuk pla dan melaksanakan kegiatan pengelasan. Ada ilmu baru yang kami dapat dari proses pengelasan ini, selain menggunakan las listrik seperti biasanya, pengelasan juga menggunakan Argon.

IMG 8988

Rasa lelah yang selama sepuluh hari kami rasakan saat mengerjakan mesin ini seketika hilang dan berganti dengan kagembiraan tatkala kami melihat Mesin Perolisis kami dapat melakukan proses pengolahanan sampah plastik dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta dapat menghasilkan bahan bakar berupa bensin Premium yang mengucur keluar saat kran output dibuka.

20190909 141714

Harapan kami, semoga dengan mesin Perolisis yang telah kami buat ini, dapat berdampak positif bagi lingkungan terutama mengurasi dan mengolah sampah plastik, serta Bahan Bakar Minyak hasil dari pengolahannya menjadi sumber energi alternatif.

IMG 0978

Doa kami, semoga dengan keberhasilan kami membuat mesin Perolisis ini, SMK Kristen Petra semakin dikenal oleh masayarat luas baik regional maupun internasional.

SMK Petra .... Bisa SMK Petra .... Diberkati SMK Petra .... Menjadi Berkat

SDM Unggul SMK Hebat Indonesia Maju

Merah Putih berkibar di nusantara
Garuda kokoh di dalam dada
Untukmu Indonesia Raya
Ini bukti cinta dari SMK Petra

20190817 064938-2

Merdeka..!!! Hari ini Kamis, 15 Agustus 2019 kami semua mengenakan dresscode merah mengikuti jalan sehat yang sudah menjadi tradisi untuk memperingati hari kemerdekaan.  Selanjutnya, kami disuguhkan sebuah drama kolosal kemerdekaan yang menceritakan para pahlawan yang memperjuangkan dan merebut kemerdekaan dari para penjajah 74 tahun silam. Drama membius penontonnya, para pemain menyulap lapangan menjadi suasana penjajahan tempo doeloe.  Wiiiihhh...keren.. semua pemeran berkumpul di lapangan saat Sang Saka Merah Putih berkibar bersama dengan pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

20190815 080633

Perayaan HUT kali ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba. Ada lomba strugle balon, tarik tambang, voli air, tenis meja dan gigit koin. Suara teriak dan tawa terdengar di mana-mana. Gengsi antar kelas membuat kompetisi semakin meriah. Melalui lomba-lomba ini kami dapat memaknai perjuangan untuk meraih prestasi secara sportif.

20190815 080902

Akhirnya Sabtu, 17 Agustus kami akhiri serangkaian perayaan dengan upacara bendera oleh seluruh warga sekolah. Melalui perayaan peringatan hari kemerdekaan ini kami juga dibentuk mentalnya akan kecintaan pada negara atau nasionalisme yang perlu ditanamkan pada diri. Selamat Ulang Tahun ke-74 Indonesiaku, semoga para pelajar di Indonesia terutama siswa SMK Kristen Petra terus berjuang mengharumkan nama bangsa dengan segudang prestasi!

Merdeka .....

           

 

The Power Of Thumbs-Up

Apa sih “The Power of Thumbs-Up” ?

IMG 5805-2

Itulah pertanyaan yang muncul ketika kami siswa kelas XII TKJ diajak untuk mengikuti sebuah seminar tentang Social Media Marketing bertema The Power of Thumbs-Up yang dilaksanakan di Institut Informatika Indonesia atau yang biasa dikenal dengan IKADO Surabaya pada tanggal 3 Agustus 2019.

20190810 114628 IMG 5795-2

Bergabung dengan siswa SMA Katolik St. Agustinus Kediri dan SMA Katolik St. Thomas Aquino Tulung Agung, kami mendapatkan pengetahuan dan tips pemasaran produk atau jasa melalui media sosial.

Karena kami generasi milenial yang tidak pernah lepas dari gadget, maka pemasaran melalui media sosial sangat efektif untuk menjangkau konsumen yang lebih besar dibandingkan dengan pemasaran yang dilakukan secara konvensional. Media sosial yang digunakan untuk marketing bisa menggunakan Youtube, Facebook, Line, bahkan yang saat ini sedang booming adalah menggunakan Instagram atau yang biasa dikenal dengan IG. Dengan keterampilan mengambil gambar, memberi efek pada gambar dan menambahkan Caption yang menarik, dapat memberikan efek rasa ingin tahu yang tinggi para konsumen untuk melihat bahkan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

Untuk menguji seberapa jauh para peserta menggunakan Instagram nya untuk beriklan, kami diberi tantangan untuk melakukan sesi foto dengan gaya dengan dan ditambahkan caption yang menarik, kemudian harus diunggah ke akun Instagram nya masing-masing. Untuk akun instagram siswa per sekolah yang mendapatkan jumlah “like” terbanyak akan mendapatkan hadiah menarik dari Panitia. Akhirnya teman kami Yefta dari 12 TKJ-2 berhasil menjadi salah satu juara per sekolah dengan mengumpulkan sebanyak 230 “like” pada foto yang telah di upload pada akun instagram-nya.

SMK Petra ... Bisa.

SMK Petra ... Diberkati.

SMK Petra ... Jadi Berkat.

 

MPLS ... Mengenal “Wajah Baru” TRAVOHS

IMG 0579

Uhuyyy!!! Seneng banget hari ini hari pertamaku bertemu teman-teman baru. Di pagi hari yang cerah Senin, 15 Juli 2019 tampak wajah-wajah baru memenuhi lapangan SMK Kristen Petra lengkap dengan atributnya siap untuk mengikuti MPLS. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan sarana pengenalan lingkungan baru di sekolah, baik itu teman baru, senior, guru hingga karyawan. Diawali dengan penyematan name tag dan topi pada upacara pembukaan menunjukkan kegiatan MPLS telah dimulai. Selamat mengenal lingkungan sekolah baru, guys!

IMG 2698

Yay...Serangkaian kegiatan MPLS selama tiga hari diikuti seluruh calon siswa kelas X dengan baik. Ada ceramah pola hidup sehat oleh dokter sekolah, ceramah “Dewasa Bergadget”, pengenalan budaya 5S, SADAR dan 5 Kata Ampuh, Latihan baris-berbaris oleh Satuan Koramil  Wonocolo dan sosialisasi “Safety Riding” oleh Kanitlantas Polsek Wonocolo.

IMG 2932

Read more: SMK Kristen Petra - MPLS ... Mengenal “Wajah Baru” TRAVOHS

Tiada ada yang Mustahil bersama Tuhan Yesus

03-uji-sertifikasi

Doa harapan dan usaha yang telah lama dilakukan oleh SMK Kristen Petra akhirnya terjawab oleh perusahaan perangkat lunak Mikrotik yang berlokasi di Latvia. SMK Kristen Petra mendapatkan izin dan lisensi untuk menjadi salah satu sekolah penyelenggara Mikrotik Academy di Indonesia. Di bawah naungan dan bimbingan dari AxelBit Surabaya (www.belajarmikrotik.com), Mikrotik Academy SMK Kristen Petra mendapatkan hibah sebanyak 20 buah Mikrotik untuk menyelenggarakan Sertifikasi Kompetensi Mikrotik berstandar Internasional untuk siswa aktif, alumni dan masyarakat.

20190525 094948

Tepat pada tanggal 25 Mei 2019, Mikrotik Academy SMK Kristen Petra secara resmi dapat diselenggarakan setelah dilaksanakannya penandatanganan MoU antara SMK Kristen Petra dan AxelBit Surabaya (www.belajarmikrotik.com) yang diwakili oleh bapak Danang Bagus Wiyanto.

20190525 094422

Read more: SMK Kristen Petra - Tiada ada yang Mustahil bersama Tuhan Yesus

boost the values reap the success