Natal 2019    

Natal 2019

Kegiatan Natal di GKI Jemur Sari Tahun 2019

Mens Sana In Corpore Sano    

Mens Sana In Corpore Sano

Menjaga tubuh yang sehat dan kuat dengan rajin berolahraga

Peduli Lingkungan    

Peduli Lingkungan

Pembuatan mesin Perolisis untuk mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak

Gedung SMK Kristen Petra    

Gedung SMK Kristen Petra

Proses belajar mengajar dilaksanakan di gedung ini, dengan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap dan up-to-date.

Gedung SMK Kristen Petra    

Gedung SMK Kristen Petra

Proses belajar mengajar dilaksanakan di gedung ini, dengan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap dan up-to-date.

Teknik Komputer dan Jaringan    

Teknik Komputer dan Jaringan

Praktik Networking menggunakan Mikrotik Routerboard dan Sertifikasi MTCNA di Mikrotik Academy SMK Kristen Petra.

Teknik Pemesinan    

Teknik Pemesinan

Praktik gambar teknik mengunakan software SOLIDWORKS dan MASTERCAM

Teknik Kendaraan Ringan    

Teknik Kendaraan Ringan

Praktik Troubleshooting Mesin Diesel Common Rail, Spooring dan Balancing dengan Carlift dan peralatan up-to-date.

Teknik Elektronika Industri    

Teknik Elektronika Industri

Teori dan Praktik Pneumatic dengan kontrol PLC

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

No Plastic… Save Our Earth                                                                               

Tumbler

Berawal dari kepedulian alumni teknik mesin terhadap kerusakan lingkungan di bumi yang diakibatkan oleh sampah plastik, Dimas Bagus Wijanarjo bersama rekan-rekannya mendirikan sebuah organisasi nonprofit dengan nama Get Plastic, yang mengembangkan sebuat alat yang diberi nama mesin pirolisis (pyrolysis machine). Alat ini dapat mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak berupa jenis solar ataupun premium, sebagai sumber energi alternatif.

Kesadaran untuk menyelamatkan bumi dari sampah plastik oleh segenap warga sekolah, dilanjutkan dengan komitmen bersama untuk tidak mengonsumsi air mineral dengan kemasan gelas ataupun botol plastik sekali pakai. Untuk menyukseskan komitmen tersebut, sekolah memberikan sebuah tumbler sebagai suvenir untuk seluruh guru, karyawan, dan siswa. Dengan begitu, diharapkan seluruh warga sekolah tidak lagi menggunakan botol plastik sekali pakai untuk konsumsi minuman sehari-hari. Pihak kantin juga tidak lagi menjual air mineral gelas dan botol, diganti dengan penjualan isi ulang tumbler dari air mineral galon.

Harapan kami, komitmen ini menjadi pemicu bagi seluruh sekolah di lingkungan PPPK Petra untuk ikut peduli terhadap dampak buruk yang ditimbulkan oleh sampah plastik. SMK Kristen Petra... bisa! SMK Kristen Petra... diberkati! SMK Kristen Petra... jadi berkat!

Word Card Games bersama Mr. Singgih

20200210_110150.jpg20200210_094214.jpg20200210_094736.jpg20200210_094754.jpg20200210_105928.jpg20200210_094703.jpg

Apakah belajar bahasa Inggris sulit dan membosankan? Ternyata belajar bahasa Inggris itu sangat menyenangkan. Pada hari Senin, 10 Februari 2020, kami siswa-siswi dari SMK Kristen Petra mendapatkan kesempatan untuk belajar bahasa Inggris dengan Mr. Singgih dari Universitas Surabaya. Mr. Singgih menggunakan Word Card Games untuk belajar bersama tentang kata Sinonim dan Antonim. Mr. Singgih memberikan satu kotak yang berisi 20 kartu yang memiliki satu kata kepada setiap kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 – 5 siswa. Dalam setiap kelompok memiliki satu moderator sebagai orang yang bertugas menjalankan permainan dengan benar.

Moderator diberikan arahan oleh Mr. Singgih untuk memberitahukan jalan permainannya. Setelah itu dalam setiap kelompok, siswa bergantian mengambil kartu yang telah di acak oleh moderator. Siswa bergantian untuk mengambil kartu yang bertuliskan satu kata dan menyebutkan sinonim dan antonim dari kata yang didapat. Jika siswa benar dalam menjawab maka kartu yang diambil menjadi miliknya. Jika siswa salah menjawab, maka kartu akan dilanjutkan kepada siswa yang lainnya dan menjadi milik siswa lainnya jika siswa lain menjawab dengan benar.

Setiap siswa diberikan kesempatan untuk menjawab dengan waktu 10 detik. Moderator yang akan menyetting untuk timernya selama 10 detik untuk setiap siswa. Jika semua siswa dalam kelompok tidak bisa menjawab sinonim dan antonim kata, maka kartu akan diberikan kepada moderator. Moderator akan memberitahukan dan menjelaskan jawaban yang benar dari kata yang tertulis di kartu tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, siswa-siswi sangat antusias dan senang sekali untuk melakukan kegiatan tersebut di dalam kelas bersama Mr. Singgih. Mereka semakin tertarik untuk belajar bahasa Inggris lagi karena mereka merasa bahwa belajar bahasa Inggris sangatlah mudah dan sederhana. Kehadiran Mr. Singgih sangat membantu mereka untuk belajar bahasa Inggris lebih mudah lagi. Mereka sangat senang sekali dengan kehadiran Mr. Singgih di dalam kelas. Mereka berharap akan ada lebih banyak lagi yang datang belajar bahasa Inggris bersama di sekolah SMK Kristen Petra di lain kesempatan.

Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Minyak

 

IMG_0978.jpgIMG_0893.jpgIMG_8988.jpgIMG_0890.jpgIMG_9084.jpgIMG_1066.jpg20190901_110538.jpg20190909_141714.jpg

Berawal dari kepedulian para alumni teknik mesin tahun 1997 terhadap kerusakan lingkungan di dunia yang diakibatkan oleh sampah plastik, Dimas Bagus Wijanarjo bersama rekan-rekannya mendirikan sebuah organisasi non profit dengan nama Get Plastic yang mengembangkan sebuat alat yang diberi nama dengan Mesin Perolisis.

Kali ini SMK Kristen Petra, khususnya guru, teknisi dan siswa kelas XII program keahlian Teknik Pemesinan mendapatkan kesempatan bekerjasama dengan tim Get Plastic untuk membuat mesin Perolisis ini dengan kapasitas 5 kilogram. Mesin ini akan bekerja dengan cara memanaskan sampah plastik dengan suhu antara 250 sampai 400 derajat celsius dan dibarengi dengan proses pendinginan dari uap hasil pemanasan ini dapat mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak berupa Solar maupun bensin Premium.

Read more: SMK Kristen Petra - Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Minyak

Sepak Bola Kegemaranku

Mengawali pembelajaran di awal semester ini, kami menerima pembelajaran olahraga dengan materi pembelajaran  bola besar yaitu Sepak Bola. Kegiatan ini dilaksanakan pada minggu III dan IV di bulan Juli 2017. Kami sangat bangga dengan sekolah kami yang memiliki lapangan berumput yang luas sehingga kami bisa bermain sepak bola dengan sangat puas.

Kegiatan pemanasan dilakukan dengan lari dan permainan untuk memperkuat kaki kami. Teknik dasar yang kami pelajari adalah menggiring bola, menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, menendang bola ke arah gawang, menyundul bola, dan belajar menangkap bola bagi penjaga gawang.

 

Extra Olahraga3

boost the values reap the success