ELS Robotika    

ELS Robotika

Peserta ELS Robotika sedang memperbaiki robot secara tim

Jurusan Teknik Elektronika Industri    

Jurusan Teknik Elektronika Industri

Praktek penyolderan pada jurusan Teknik Elektronika Industri

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan    

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan

Praktek perbaikan mesin mobil dan motor pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan

Gedung Sekolah SMK Kristen Petra    

Gedung Sekolah SMK Kristen Petra

Proses belajar mengajar dilaksanakan di gedung ini, dengan fasilitas sarana dan prasarana yang ada.

Gedung Sekolah SMK Kristen Petra    

Gedung Sekolah SMK Kristen Petra

Proses belajar mengajar dilaksanakan di gedung ini, dengan fasilitas sarana dan prasarana yang ada.

Fasilitas yang Lengkap    

Fasilitas yang Lengkap

Penyediaan fasilitas yang mendukung untuk kegiatan para siswa, menjadi tujuan utama kami sebagai salah satu sekolah yang terbaik untuk pendidikan vokasional.

Jurusan Teknik Pemesinan    

Jurusan Teknik Pemesinan

Praktek pengelasan pada jurusan Teknik Pemesinan

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

KUNJUNGAN INDUSTRI 2017

  Sejak pukul 06.00 sudah ada 3 unit bis kalisari yang sedang parkir di depan sekolah kami,  SMK Kristen Petra yang akan mengantar kami siswa kelas X untuk melakukan kegiatan kunjungan industri ke VEDC-Malang, PT Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat) dan PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk. (Sari Roti).

Setelah mengikuti doa pagi dan presensi, kami berkumpul di tempat parkir mobil depan sekolah untuk mendapatkan pengararahan dari sekolah agar selama mengikuti kunjungan, kami dapat menjaga sikap kami dan tetap menjaga nama baik sekolah.

Tepat pukul 07.00 kami meninggalkan sekolah dengan tujuan awal kunjungan kami adalah VEDC-Malang. Perjalanan menuju ke kota Malang bisa dibilang cukup lancar, tidak seperti biasanya yang selalu terjadi kemacetan. Dalam waktu 2,5 jam atau pukul 09.30 kami telah sampai di VEDC-Malang.

Sesampainya di VEDC, kami disambut oleh bapak Agus, selaku Humas VEDC. Bersamaan dengan kunjungan kami, di VEDC ada kegiatan pelatihan untuk guru-guru wilayah Indonesia Timur, sehingga pengarahan untuk kami sebelum kunjungan ke bengkel yang seharusnya dilaksanakan di ruang pertemuan tidak bisa dilakukan, sehingga pengarahan dilakukan di depan gedung Front Office. Kami baru tahu, ternyata para guru se_Indonesia juga tetap harus meng-update pengetahuan dan skill-nya agar pendidikan di sekolahnya semakin baik dan menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Setelah mendapatkan pengarahan, kami diantar menuju ke bengkel pemesinan, bengkel otomotif, bengkel mekatronik, bengkel ototronik dan laboratorium Teknologi Informasi. Di bengkel  pemesinan, kami diperkenalkan dengan penanggung jawab bengkel. Kami diberi kesempatan untuk melihat dan mengamati kondisi bengkel yang bersih dan rapi, kemudian melihat mesin-mesin yang dimiliki oleh bengkel mesin yang juga dimiliki sekolah kami, antara lain : mesin bubut, mesin frais, mesin bor, mesin tekuk plat, mesin roll, mesin plong, mesin CNC dan mesin injeksi plastic. Kami juga mengamati siswa prakerin yang sedang bekerja dengan mesin bubut yang ternyata adalah siswa dari SMK Negeri 3 Surabaya.

Untuk kami siswa TKR,  kami diajak ke bengkel otomotif dan mendapatkan penjelasan tentang berbagai macam media pembelajaran yang terdapat di bengkel, mulai dari media kelistrikan body, engine stand, sampai pada alat untuk melakukan spooring balancing pun juga kami mengetahui. Serta kami juga diberikan wawasan untuk menjadi seorang pengusaha ketika kami berkunjung di bengkel ototronik yang memadukan antar otomotif dengan elektronik. Kami bertanya banyak hal tentang bagaimana menjadi pengusaha, kemudian kami juga diberikan motivasi untuk tetap terus belajar sesuai dengan kompetensi yang kami pilih dan kemudian setelah lulus untuk mempunyai target agar bisa menjadi pengusaha sendiri, tidak seterusnya bekerja ikut orang lain.

 Untuk kami siswa TEI, kami diajak ke bengkel Mekatronik. Kami mendapatkan pengetahuan baru bahwa saat ini teknologi di bidang Elektronika dapat digabungkan dengan teknologi di bidang Mesin, sehingga pekerjaan dengan mesin tidak hanya dapat dilakukan secara konvensional, tetapi juga dapat dilakukan secara otomatis, sehingga dapat mengurangi jumlah karyawan di bagian produksi, karena semua mesin berjalan secara otomatis. Selain itu kami juhga diajak ke bengkel Ototronik dan mendapatkan penjelasan tentang teknologi terbaru di di bidang otomotif yang menggabungkan system elektronik di dalamnya, sehingga semua bagian mobil, termasuk mesin dan kelistrikan dikontrol oleh chip elektronik dan seorang mekanik mobil dapat mengecek kondisi mobil hanya dengan alat scanner mobil.

 Untuk kami siswa TKJ,  kami diajak ke laboratorium Teknologi Informasi dan mendapatkan penjelasan tentang profil jurusan Teknologi dan Informasi di VEDC dan materi apa saja yang diajarkan kepada guru-guru Teknologi Informasi yang sedang mengikuti pelatihan di VEDC. Kami juga mendapatkan pembekalan tentang kompetensi apa saja yang wajib kami miliki setelah lulus dari SMK untuk dapat kami gunakan di dunia pekerjaan nantinya. 

 Tepat pukul 11.30 kami telah menyelesaikan kunjungan ke bengkel sesuai program keahlian masing-masing. Untuk kami siswa TEI dan TKJ, kami melanjutkan kunjungan ke  PT Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat). Sedangkan siswa TPM dan TKR melanjutkan kunjungan ke  PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk. (Sari Roti).

 Setibanya di PT Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat), kami diminta menunggu di dalam bis, karena waktu kunjungan kami belum dimulai. Sambil menunggu kami mengamati lokasi pabrik Pocari Sweat yang tertata bagus, rapi dan bersih. Setiap pegawai dan tamu wajib mengikuti rambu-rambu yang ada. Bahkan kami dilarang untuk memfoto fasilitas pabrik, kecuali di beberapa tempat yang telah ditentukan. Setelah kami berfoto bersama ditempat yang telah disediakan, kami diajak masuk ke ruang pertemuan dengan sebelumnya setiap siswa mendapatkan satu botol minuman Pocari Sweat ukuran 350 ml.

Setelah kami mendapatkan penjelasan tentang profil perusahaan dan produk PT Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat), kami diajak untuk melihat langsung proses produksi sampai dengan pengemasan Pocari Sweat. Ternyata semua proses berjalan secara otomatis, dan tidak tampak banyak pekerja di dalam ruang produksi, hanya ada 2-3 orang operator untuk mengontrol jalannnya proses produksi dan 1 orang operator forklift. Tidak terasa, waktu kunjungan kami selama 2 jam telah habis. Sebelum menuju ke bis, setiap siswa mendapatkan satu buah tas bingkisan berupa 3 botol Pocari Sweat ukuran 350ml.

 Untuk siswa yang melakukan kunjungan ke PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk. (Sari Roti) kami pun juga diminta untuk menunggu beberapa saat karena waktu kunjungan kami belum tiba. Kami melihat tampak luar industri tertata rapi dan bersih, dan setiap orang yang keluar atau masuk wilayah industri harus wajib lapor pada petugas keamanan untuk dilakukan pemeriksaan pada saat keluar, dan ijin masuk secara tertulis. Setelah tiba saatnya kurang lebih pukul 13.15 wib, petugas keamanan mengarahkan kami untuk secara tertib dan rapi memasuki wilayah pabrik. Kemudian kami diantar masuk menuju ruang pertemuan kami langsung disambut dan diarahkan untuk melihat suasana proses kerja pembuatan sampai pengemasan yang semuanya dilakukan secara otomatis oleh mesin, terlihat hanya beberapa pekerja yang tampak disekitar yang bertugas sebagai operator, dan semua karyawan pabrik adalah laki laki, karena apa kok tidak ada wanita nya? Karena wanita saat hamil ada waktu khusus selama 3 bulan untuk cuti, sedangkan mesin nya tidak pernah berhenti selama 1x24 jam maka dari itu seluruh karyawan pabrik nya laki laki semuanya. Setelah kurang lebih 20 menit kami melihat suasana pabrik, kami diantar kembali ke ruangan untuk mendapatkan penjelasan berbagai macam produk, cara pengolahan, macam bahan bahannya, sampai cara pemasaran nya pun kami mengetahui. Adapun setelah kami mendapatkan banyak informasi, sampai pada akhirnya waktu pun yang membuat kunjungan kami berakhir. Sebelum kami keluar dari wilayah industri, kami pun di beri kenang kenangan berupa satu paket roti berisikan 3 macam dan varian rasa sari roti yang baru saja di produksi. Sangat senanglah kami pulang tanpa tangan kosong dan kami mendapatkan banyak pengetahuan sepanjang hari ini.

                                                                                                             Travohs-2017

IMG_20171115_103909.jpgIMG_4421.JPGIMG_4357.JPGIMG_4391.JPGIMG_4460.JPGIMG_9221.JPG

boost the values reap the success