ELS Robotika    

ELS Robotika

Peserta ELS Robotika sedang memperbaiki robot secara tim

Jurusan Teknik Elektronika Industri    

Jurusan Teknik Elektronika Industri

Praktek penyolderan pada jurusan Teknik Elektronika Industri

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan    

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan

Praktek perbaikan mesin mobil dan motor pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan

Gedung Sekolah SMK Kristen Petra    

Gedung Sekolah SMK Kristen Petra

Proses belajar mengajar dilaksanakan di gedung ini, dengan fasilitas sarana dan prasarana yang ada.

Gedung Sekolah SMK Kristen Petra    

Gedung Sekolah SMK Kristen Petra

Proses belajar mengajar dilaksanakan di gedung ini, dengan fasilitas sarana dan prasarana yang ada.

Fasilitas yang Lengkap    

Fasilitas yang Lengkap

Penyediaan fasilitas yang mendukung untuk kegiatan para siswa, menjadi tujuan utama kami sebagai salah satu sekolah yang terbaik untuk pendidikan vokasional.

Jurusan Teknik Pemesinan    

Jurusan Teknik Pemesinan

Praktek pengelasan pada jurusan Teknik Pemesinan

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

HUT RI KE-73
MERDEKA!!!

 

  Pagi ini tepat pada tanggal 16 Agustus 2018, seluruh warga SMK Kristen Petra pengadakan perayaan hari ulang tahun negara Indonesia tercinta kita! Horre…! Perayaan kali ini diawali dengan jalan sehat mengelilingi kompleks Jemur Andayani, dan selanjutnya bazar siswa kelas XII dalam rangka penggalangan dana untuk tugas akhir (TA), lomba kebersihan kelas, lomba kuis kemerdekaan, lomba tarik tambang, lomba opposite, lomba bola voli, lomba mobile legend, dan lomba rally game.

   Seluruh siswa SMK Kristen Petra Surabaya antusias banget loh?!  Apalagi waktu lomba tarik tambang, karena sangat antusiasnya sampai ada beberapa peserta lomba tarik tambang yang menggelepar di lapangan karena kelelahan ditarik terus ke depan, ke belakang secara terus menerus. Tapi, semua lomba terus berlangsung hingga titik darah penghabisan! Tidak hanya lomba tarik tambang, lomba mobile legend juga tidak kalah menarik. Kebanyakan sih, yang ikut lomba adalah cowok-cowok yang hobby bermain game. Pada lomba ini ketelitian, kesabaran, dan ketekunan mereka sedang diuji.

    Kuis kemerdekaan! Peserta lomba harus pinter-pinter banget kalo mau menang. Review dari peserta lombanya sih gini “ Susaah bangeet. Aku nggak ngerti” please deh soal-soalnya-kan tentang negara kelahiran kalian sendiri? Tidak lupa juga, SMK Kristen Petra juga mengadakan lomba kebersihan kelas yang diadakan di kelas masing- masing. Dengan inisiatif siswa dan siswi SMK Kristen Petra membersihan kelas mereka masing-masing. Mulai dari menyapu, merapikan meja dan bangku, membersihakan meja guru, membersihkan jendela, kelengkapan perangkat kelas. dan lain-lain.

Tidak kalah menarik bapak/ ibu guru, staff, dan karyawan juga ikut memeriahkan acara HUT RI ini dengan pemotongan tumpeng oleh Ibu Dra. Tri Utami Rinto Rukmini, M. M., dan beberapa perlombaan yaitu : menyusun lidi menjadi sebuah menara, tongkat grafitasi, dan meletakkan bola pingpong ke atas botol. Semua bapak/ ibu guru, staff, dan karyawan juga sangat antusias mengikuti semua perlombaan ini, dan berakhir dengan kemenangan kelompok 1 (kelompok Ibu Rinto) sebagai juara 1, kelompok 2 (Kelompok Bapak Heru Sunardianto) sebagai juara 2, dan kelompok 6 (kelompok Bapak Sutris) sebagai juara 3. Puncak dari seluruh perayaan HUT RI ke- 73 ini adalah seluruh warga SMK Kristen Petra mengikuti upacara bendera 17 Agustus 2018, di lapangan SMK Kristen Petra Surabaya, dan dilanjutkan pembagian hadiah lomba-lomba yang telah diikuti semua siswa pada tanggal 16 Agustus 2018, dari seluruh rangkaian perayaan dan peringatan HUT RI ini diharapkan, seluruh siswa SMK Kristen Petra mempunyai semangat juang dan berdedikasi tinggi di dunia kerja yang menuntut seluruh siswa SMK Kristen Petra lebih kreatif dan mampu menguasai bidangnya masing-masing, sehingga tidak tertinggal dengan tuntutan zaman, serta mampu dikenal oleh seluruh masyarakat luas. Seperti dari tema HUT RI “Kerja Kita Prestasi Bangsa”, kerja keras seluruh warga SMK Kisten Petra memajukan sekolah adalah prestasi dan keberhasilan kita semua.

Selain memeriahkan  HUT RI  seluruh siswa SMK Kristen Petra juga mengikuti acara pameran pendidikan yang diadakan di aula SMA Kristen Petra 5. Acara pameran ini hanya diperuntukkan kelas XII saja, dimana seluruh siswa kelas XII ditawarkan studi lanjut bagi siswa yang berkeinginan studi lanjut. Pameran kali ini merupakan pameran tunggal yaitu pameran dari Universitas Widya Mandala (UWM), yang di adakan tanggal 10 Agustus, kemudian berlanjut dari Universitas Kristen Petra (UKP) pada tanggal 20 Agustus, dan diakhiri pameran pendidikan dari Universitas Surabaya (UBAYA) pada tanggal 23 Agustus. Pameran pendidikan ini menawarkan berbagai tawaran dan promosi dari masing-masing universitas, serta program-program studi setelah mereka masuk dan berkuliah, baik di Universitas Widya Mandala, Universitas Kristen Petra, maupun di Universitas Surabaya. Para siswa berhak memilih dan menentukan sesuai bakat dan minat serta kemampuan bidang keahlian mereka saat berkuliah nanti.

TRAVOHS-2018


IMG_9387.JPGIMG_8986.JPGIMG_9462.JPGIMG_9803.JPGIMG_9535.JPGIMG-20180816-WA0008.jpgIMG_9594.JPGIMG_9465.JPGVoli.jpeg

PAMERAN PENDIDIKAN
TAHUN 2018


Aku melanjutkan studi ke Universitas mana ya ?
Program Studi apa yang nanti aku ambil ?
Biayanya kuliahnya mahal … atau tidak ?

Itulah beberapa pertanyaan siswa kelas XII SMK Kristen Petra saat mengikuti acara pameran pendidikan yang diadakan di aula SMA Kristen Petra 5 Surabaya. Acara pameran pendidikan ini hanya diperuntukkan kelas XII saja, dimana seluruh siswa kelas XII ditawarkan studi lanjut bagi siswa yang berminat. Pameran kali ini merupakan pameran tunggal yaitu pameran dari Universitas Widya Mandala (UWM), yang di adakan tanggal 10 Agustus, kemudian berlanjut dari Universitas Kristen Petra (UKP) pada tanggal 20 Agustus, dan diakhiri pameran pendidikan dari Universitas Surabaya (UBAYA) pada tanggal 23 Agustus. Pameran pendidikan ini menawarkan berbagai tawaran dan promosi dari masing-masing Universitas, serta peluang kerja/karir/wirausaha setelah mereka menyelesaikan studinya. Para siswa berhak memilih dan menentukan sesuai bakat dan minat serta kemampuan bidang keahlian mereka saat berkuliah nanti.

Travohs-2018

 

IMG_20180810_132614.jpgIMG_20180823_123557.jpgIMG_20180810_140544.jpgIMG_20180810_134908.jpgIMG_20180810_133018.jpgIMG_20180810_132640.jpg

KEBAKTIAN AWAL TAHUN AJARAN BARU
(Jumat, 20 Juli 2018)

 

                      Ibadah Tahun ajaran baru, adalah hal yang rutin dilakukan setiap memasuki awal pembelajaran di tahun ajaran yang baru. Di SMK Kristen Petra, ibadah awal tahun selalu diikuti oleh seluruh warga SMK tanpa terkecuali, baik semua siswa kelas X, XI, dan XII, Bapak/ Ibu Guru, serta semua staff dan karyawan SMK Kristen Petra.

                  Ibadah awal tahun ajaran di SMK Petra kali ini dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama dimulai pukul 07.30-09.00, pesertanya kelas X semua program keahlian dan kelas XI program keahlian teknik komputer dan jaringan (TKJ), baik TKJ-1, TKJ-2, dan TKJ-3, sedangkan untuk gelombang kedua dimulai pukul 09.00-10.30, pesertanyan kelas XII semua program keahlian dan kelas XI program keahlian TEI, TPM, dan TKR. Ibadah kali ini bertema “Bersukacitalah dalam Jerihmu” yang diambil dari ayat dalam alkitab Pengkotbah 5: 17, disampaikan oleh Bapak Pendeta Samuel Enggar Hadi, S.Th, MBA.

                Dalam renungan kotbahnya Bapak Pendeta menekankan bahwa modernisasi menyajikan kehidupan manusia yang serba instan, mudah dan cepat, serta ogah bertele-tele. Kejelekan dari budaya instan tersebut membuat banyak orang melupakan esensi dari sebuah proses, dan kita melihat banyak orang yang tidak lagi dapat mentolelir suatu ketidaknyamanan. Banyak orang lebih memilih jalan pintas agar terhindar dari proses yang lama dan panjang. Orang bahkan rela membayar mahal untuk menghindari antrian panjang, dan kecurangan-kecurangan telah menjadi alternatif pilihan praktis untuk menghindari proses yang berat dan panjang tersebut.

                 Pengkotbah mengingatkan, bahwa proses yang dilalui dalam jerih lelah itu, merupakan bagian integral dari kehidupan manusia. Kenikmatan yang sesungguhnya dialami manusia,  tatkala orang dapat menikmati makan, minum dan bersenang-senang dari apa yang telah diusahakannya. Pernyataan Pengkotbah tersebut menjadi pesan penting bagi anak-anak atau para siswa yang hidup dalam dunia modern, yang terfasilitasi oleh berbagai kemudahan melalui perkembangan teknologi. Sangat penting bagi kita untuk mendidik dan membiasakan mereka menjadi manusia yang menghargai proses dan memiliki daya juang dalam hidupnya. Kearifan tersebut dapat menjadi warisan yang berharga bagi kehidupan mereka, agar kelak menjadi anak-anak yang tahan uji, yang ulet, yang dapat menysukuri hidup dan tetap memiliki sukacita tatkala kehidupan yang mereka hadapi tidaklah mudah. Memasuki tahun ajaran baru, dengan segala ketidak-tahuan yang ada di depan mereka, maka pernyataan pengkotbah tersebut dapat menjadi pedoman bagi para siswa dalam menjalani kehidupan dan tugas-tugas di sekolah. Dengan sikap optimis, dan iman kepada Allah sebagai sumber sukacita mereka dalam segala keadaan, mereka dapat memaknai jerih lelah mereka bukan sebagai beban, melainkan bagian hidup yang mengantar mereka  pada masa depan dalam sukacita.

Semua siswa mengikuti ibadah dengan penuh hikmat, dari penekanan-penekanan yang disampaikan oleh Bapak Pendeta tersebut, seluruh siswa SMK diharapkan lebih bisa menghargai sebuah proses yang harus dilalui disetiap pembelajaran yang diikuti di SMK, dari pada melalui hal-hal yang instan atau serba cepat. Misalnya saja semua siswa lebih menghargai proses pendidikan yang disampaikan Bapak/ Ibu guru dalam setiap pembelajaran. Semoga seluruh siswa SMK Kristen Petra menjadi seorang pribadi-pribadi yang tangguh, kuat dan sabar dalam menghadapi setiap tantangan zaman, handal dan dapat dipercaya dalam perusahan.

TRAVOHS-2018

 

IMG_0461.JPG

IMUNISASI DIFTERI TAHAP DUA
(Senin, 30 Juli 2018)

 

                  Aduh…! Sakit..! Aduh…! Demam…! Begitulah teriak anak-anak SMK Kristen Petra di kelas masing-masing dengan gurauan mereka seusai imunisasi difteri tahap kedua, yang dilaksanakan pihak SMK Kristen Petra oleh pihak Puskesmas Wonocolo dibantu dokter dan suster yang bertugas di UKS SMK Kristen Petra. 

                   Imunisasi difteri tahap dua ini dilaksanakan oleh SMK Kristen petra pada hari Senin, tanggal 30 Juli 2018. Pelaksanaan imunisasi kali ini, di ikuti oleh semua siswa SMK Kristen Petra baik kelas X, kelas XI, dan Kelas XII, serta siswa-siswa yang PSG di tempat prakerin setelah mendapat persetujuan dari orang tua masing-masing siswa dan pihak industri. Sebanyak 449 siswa telah mengikuti imunisasi ini, pelaksanaan imunisasi ini berjalan dengan baik dan tidak ada kendala apapun juga. Melalui program sekolah yang bertujuan supaya semua siswa SMK Kristen Petra hidup sehat dan kuat, maka dilaksanakanlah imunisasi ini, agar semua warga SMK terkhusus para siswa SMK tidak mudah terserang penyakit berbahaya.

                Difteri. Difteri ini adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk jenis infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa. Difteri disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Penyebaran bakteri ini dapat terjadi dengan mudah, terutama bagi orang yang tidak mendapatkan faksin difteri. Penularannya seperti melalui percikan udaran yang terhirup oleh lubang hidung/ pernafasan kita, barang-barang yang terkontaminasi bakteri contohnya mainan, baju atau handuk, atau melalui sentuhan langsung pada luka borok akibat difteri di kulit penderita.

                 Untuk mengantisipasi penyebaran bakteri penyebab difteri tersebut, maka pihak PPPK Petra tidak ingin semua siswa dijajaran PPPK Petra mengalami/ menderita penyakit difteri, seperti kata pepatah lebih baik mencegah, dari pada mengobati. Berkaca dari hal ini, maka dilaksanakanlah imunisasi difteri di seluruh jajaran sekolah yang bernaung pada perhimpunan (PPPK Petra). Melalui imunisasi difteri tahap satu dan tahap dua ini seluruh siswa SMK Kristen Petra terkhususnya, menjadi siswa-siswa yang sehat dan kuat serta tidak mudah terserang penyakit berbahaya, seperti penyakit difteri ini. Proses pembelajaran pun di SMK akan berjalan dengan baik dan lancar apabila seluruh siswa sehat tidak terserang penyakit apapun.

TRAVOHS-2018

IMG_20180730_090756.jpgIMG_20180801_121303.jpgIMG_20180801_121633.jpgIMG_20180801_121755.jpgIMG_20180730_090246.jpgIMG_20180730_090615.jpg

MPLS SISWA BARU SMK KRISTEN PETRA
(16-18 Juli 2018)

  

                   MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), SMK Kristen Petra merupakan sebuah program yang wajib dilakukan oleh seluruh siswa baru yang sudah mendaftar dan masuk di SMK Kristen Petra. Tujuan dari masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) ini adalah supaya seluruh siswa baru ini mengetahui semua program-program yang ada di sekolah, terutama program-program yang ada di semua program keahlian, antara lain : TEI (Teknik Elektronika Industri), TPM (Teknik Pemesinan), TKR (Teknik Kendaraan Ringan) dan  TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan).  Selain itu juga semua siswa baru diharapkan bisa mengetahui dan mengenal lingkungan sekolah tempat dimana mereka bersekolah dan menimba ilmu selama 3 tahun kedepannya.

                  Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) ini di laksanakan selama 3 hari, yakni hari Senin sampai hari Rabu, tanggal 16-18 Juli 2018. Hari pertama Senin 16 Juli 2018, diawali dengan upacara pembukaan oleh Ibu Kepala Sekolah Dra. Tri Utami Rinto Rukmi, M. M. Beliau menjelaskan bahwa SMK Kristen Petra mempunyai yel-yel yaitu SMK Kristen Petra BISA!, SMK Kristen Petra DIBERKATI!, dan SMK Kristen Petra JADI BERKAT! Selanjutnya beliau menyematkan topi dan tanda peserta MPLS kepada siswa yang sudah di tunjuk, tanda dimulainya masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

              Kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah ini di ikuti oleh 172 siswa baru. Dimana dari 172 siswa tersebut terbagi menjadi, siswa TEI terdiri dari 18 siswa, siswa TPM terdiri dari 27 siswa, siswa TKR terdiri dari 30 siswa, dan siswa TKJ terdiri dari 3 kelas yang terbagi masing-masing menjadi 32 siswa TKJ-1, 33 siswa TKJ-2, dan 32 siswa TKJ-3.

Hari kedua masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) Selasa 17 Juli 2018,  semua siswa diberi pengenalan tentang kegiatan Prakerin oleh Wakasek bidang Humas F.A. Christian Billy, S. T, M. M. Selanjutnya, semua siswa dibawa ke masing-masing jurusan, dan diperkenalkan dengan masing-masing Ketua Program Keahlian. Siswa TEI, TPM, TKR, dan TKJ, diperkenalkan tentang semua program pembelajarn di mata pelajaran produktif masing-masing program keahlian, dan apa yang dibutuhkan selama pembelajaran berlangsung.

                 Hari ketiga masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) Rabu 18 Juli 2018, semua siswa diperbolehkan menggunakan kaos dan celana jeans, karena di hari ketiga semua siswa peserta MPLS diajak mengikuti kegiatan senam bersama, yaitu senam Gemu Maumere. Kegiatan senam ini sangat menggembirakan, semua siswa peserta diajak untuk hidup sehat dan kuat melalui senam ini. Tidak hanya siswa-siswa peserta MPLS saja yang mengikutinya, tetapi semua Bapak/ Ibu guru dan karyawan juga ikut bergembira mengikuti senam Gemu Maumere ini. Setelah kegiatan senam bersama, peserta MPLS mengikuti kegiatan PBB (Pasukan Baris Berbaris) oleh bapak-bapak polisi dari Polsek Wonocolo. Para peserta MPLS mengikuti kegiatan baris-berbaris ini dengan sungguh-sungguh dan penuh hikmat. Setelah kegiatan PBB selesai, semua peserta diberi kesempatan beristirahat dulu sebelum kegiatan selanjutnya, yaitu kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar sekolah, supaya pada saat pembelajaran sudah berlangsung nanti para siswa akan merasa nyaman, tenang dan kerasan belajar di sekolah.

Kegiatan kerja bakti sudah selesai, semua peserta MPLS diberi waktu untuk mempersiapkan kegiatan terakhir masa pengenalan lingkungan sekolah sebelum upacara penutupan, untuk mempersiapkan acara unjuk gelar bakat (Talent Show) dari masing-masing kelas, yang akan dipandu langsung oleh Ibu Riska dan Bapak Indrajit. Pada acara talent show ini masing-masing kelas menampilkan bakatnya masing-masing, ada yang bersenam, berkomedi, bermain drama, berpuisi, bahkan ada yang bermain biola. Semua peserta bergembira semua pada acara ini, dan setelah berakhir semua acara, tiba saatnya upacara penutupan masa pengenalan lingkungan sekolah dengan laporan dari Wakasek bidang Kesiswaan Bapak Prasadja Adi, S. Th., dan pemimpin upacara Bapak Drs. Heru Sunardijanto Adi, M. Si. Diharapkan melalui masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) ini diharapkan semua siswa baru sudah siap mengikuti semua pembelajaran di masing-masing jurusan, dan bisa menyesuaikan diri dengan iklim pembelajaran di SMK Kristen Petra, serta semakin mencintai lingkungan sekolah dimana mereka belajar selama 3 tahun kedepan.

TRAVOHS-2018

DSC_2079.JPGIMG_20180717_105247.jpgIMG_0313.JPGDSC_1594.JPGIMG_3114.JPGDSC_1837.JPGDSC_2018.JPGIMG_3194.JPGIMG_0479.JPG

boost the values reap the success